Senin, 27 April 2015

PILIHAN HIDUP


Sadar atau tidak dalam perjalanan hidup kita selalu dihadapkan dengan pilihan dan itu terkadang sangat banyak jumlahnya. Terkait dengan pilihan hidup ini ada orang yang menjadi depresi dan frustasi karena alasan tidak mampu melakukan pilihan. Ada orang yang stress karena merasa sama sekali tidak diberikan pilihan. Ada orang yang menjadi aneh perjalanan hidupnya karena diberikan kebebasan dalam melakukan pilihan. Terkait dengan beberapa hal tersebut sebenarnya yang menjadi masalah bukanlah kita merasa ada atau tidaknya pilihan tetapi bagaimana cara kita menghadapi dan bertanggung jawab terhadap pilihan.

Saat kita dihadapkan pada kondisi bahwa kita merasa tidak ada pilihan, sebenarnya dalam kondisi tersebut kita masih punya pilihan. Yakni menjalankan semua yang telah dipilihkan untuk kita dengan sebaik mungkin dan bertanggungjawab. Perasaan dan kondisi tidak adanya pilihan ini sering kali menghampiri kita dalam keadaan saat kita tidak memiliki keyakinan dan tidak mampu untuk membuat keputusan. Jadi seharusnya dalam menjalani kehidupan kita harus menguatkan keyakinan dan harus mampu untuk membuat keputusan.

Ketika dihadapkan dengan sedikitnya pilihan dan semua yang ditawarkan terasa tidak ada yang menarik maka pikirkan lagi. Bukankah yang membuat suatu pilihan itu terasa menarik atau tidak adalah perasaan dan pola pikir kita? Jadi sebenarnya dalam kondisi ini pun kita masih bisa mengambil pilihan yang terbaik yakni mempelajari pilihan yang terasa tidak menarik tersebut dan pilihlah untuk tetap menikmatinya. sangat mudah dan sederhana bukan?

Saat kita berada dalam kondisi begitu banyak pilihan dan kita sulit untuk menentukan pilihan karena semua terlihat sangat menarik, maka yang harus kita lakukan adalah introspeksi diri. Dengan menelaah kedalam diri sendiri maka kita akan tahu dari semua pilihan yang ada mana yang pantas dan telah sesuai untuk kita. Sederhananya untuk melakukan pilihan yang tepat adalah menggunakan asas kebutuhan dan manfaat. Contohnya saat haus kita arus memilih untuk minum bukan makan karena yang kita butuhkan adalah air yang akan menghilangkan rasa haus. 

Masih merasa bingung dengan pilihan yang ada dalam kehidupan? tenang ada kalanya dalam kehidupan ini kita tidak perlu memilih, kadang kita perlu memilih, dan kadang kita perlu mencari pilihan. Yang kita perlukan untuk menghadapi pilihan yang ada dalam hidup adalah menguatkan keyakinan dan menjalankannya dengan rasa suka cita sekaligus bertanggung jawab.

Tidak ada komentar: