Sabtu, 25 April 2015

6 WISATA SEJARAH KOTA SABANG


1.      Bunker Jepang
Saat tentara Jepang datang ke Pulau Weh yang indah mereka tidak pernah ingin kehilangan pulau ini. Benteng pertahanan pun dibangun untuk menjaganya. Sekarang bangunan benteng itu masih bisa kita temukan.
2.      Makam Eropa
Keindahan alam Sabang telah menggoda para pendatang sejak dulu untuk menetap di Sabang. pemakaman Eropa ini menjadi saksi sejarah tentang kedatangan dan berbaurnya warga Sabang dengan para pendatang.
3.      Kompleks Belanda
Dahulu kompleks ini dijadikan sebagai kawasan tinggal para pembesar Belanda. Kini, bangunan rumah di kompleks ini telah dipugar dan tetap dipertahankan sebagaimana bentuk aslinya. Sangat disayangkan jika tidak menyempatkan diri untuk berfoto-foto di kompleks ini.
4.      Rumah Tengku Abbas
Rumah ini dibangun pada tahun 1910. Tengku Abbas sendiri merupakan Ulee balang (District Shoofd) atau pemimpin masyarakat lokal kawasan Sabang dan sekitarnya pada tahun 1904-1942. Pada masa penjajahan Jepang, Tengku Abbas mendapat amanah sebagai Gaucho yang memimpin penduduk lokal pada tahun 1942-1944. Bangunan ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat untuk mengelola usaha Tengku Abbas.
5.      Makam Siti Rubiah
Siti Rubiah dan Pulau Rubiah yang melegenda dua hal yang tak terpisahkan. Makam ini menjadi bukti nyata legenda Pulau Rubiah yang hingga kini dituturkan penduduk Sabang.
6.      Makam Tengku Ibrahim

Makam keramat yang ada di pesisir pantai ini menjadi sejarah yang kini melegenda. Kisah sang Tengku dituturkan dari mulut ke mulut. Sebuah kisah yang sangat diyakini akan kejadiannya dan terkait erat dengan durian keramat yang berbuah pada waktu-waktu tertentu.

Tidak ada komentar: