Minggu, 08 Maret 2015

Rumah Sakit Umum Daerah

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sabang atau dahulu dikenal dengan nama De Kliniek Van De Sabang Maatschappijj 1923 (Rumah Sakit Sabang Maskapai 1923). Merupakan rumah sakit yang telah berdiri sejak lama dengan peralatan medis yang cukup memadai pada zaman dulunya. Rumah sakit ini berbentuk kompleks yang di sana terdapat ruang pengobatan dan sekaligus tempat tinggal bagi dokter yang bertugas di rumah sakit tersebut.

Kompleks gedung ini diresmikan penggunaannya pada tahun 1923 sebagai rumah sakit milik Sabang Maatschappij. Rumah sakit ini pernah menjadi rujukan bahi rumah sakit-rumah sakit colonial belanda yang ada di Aceh. Karena mempunyai fasilitas yang sangat modern pada saat itu. Saat ini, RSUD Kota Sabang ini masih berfungsi dengan baik dan tetap melayani pengobatan untuk warga. Lokasi RSUD ini berada di Gampong Kuta Ateuh Kecamatan Suka Karya Kota Sabang.

Bentuk bangunan rumas sakit yang unik masih dipertahankan hingga saat ini. Arsitektur Belanda yang memiliki ciri khas tersendiri masih bisa kita lihat di rumah sakit ini. Saat kita memasuki area rumah sakit nuansa lama dan khas belanda akan llangsung menghampiri kita.
Bangunan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Sabang
Tugu Sejarah Rumah Sakit Umum Daerah Kota Sabang



Tidak ada komentar: