Minggu, 08 Maret 2015

Makam Eropa (Het Kerkhof) kota Sabang

Gerbang Makam Eropa di Kota Sabang
Makam Eropa merupakan salah satu situs sejarah yang ada di Kota Sabnag. Letak Makam Eropa inni berada di Gampong Kuta Ateuh Kecamatan Suka Karya Kota Sabang. Tempat ini sudah menjadi pemakaman warga sipil dan militer Eropa berkebangsaaan Denmark, Yunani, Prancis, Jerman dan terutama Belanda sejak tahun 1800-an. Mereka meninggal karena faktor usia, penyakit dan peperangan. Sebagian dari makam-makam ini masih diziarahi oleh keluarga dan pemerintahannya sampai saat ini.
Di sini juga dimakamkan Jacquest Carrisan, pahlawan nasional Perancis yang gugur dalam pertempuran laut antara kapal Perancis “Mousquet” dan kapal Jerman “Emden” pada perang dunia pertama pada Oktober 1914 di Selat Malaka. Hingga saat ini keberadaan Makam Eropa ini masih dapat dilihat dan diziarahi oleh wisatawan.
Kondisi Makam Eropa saat ini memang kurang terawat dengan penampakan pagar makam yang telah banyak rusak dan lapuk termakan usia. Bersebelahan dengan Makam Eropa ini terdapat pemakaman etnis Tionghoa dan warga sekitar. Keberadaan bunga-bunga kamboja yang bermekaran indah menghiasi kompleks pemakaman ini seringkali menjadi daya tarik khusus. Wisatawan yang dating pada bulan April dan Maret dapat menikmati keindahan bunga kamboja yang bermekaran di tengah kompleks pemakaman ini.



Tidak ada komentar: