Minggu, 17 Mei 2015

TIPS LOLOS PSP-3 KEMENPORA



Tahukah kamu bahwa untuk lolos PSP-3 Kemenpora sebenarnya akan mudah jika kita sudah mengetahui strateginy. Untuk teman-teman yang ingin mengikuti tes penerimaan peserta PSP-3 ini ada beberapa tips yang akan bermanfaat:
1.      Seleksi berkas
Tahapan pertama yang harus dilewati oleh para peserta adalah seleksi berkas. Kelengkapan berkas dan persyaratan akan jadi pertimbangan pertama untuk penerimaan peserta PSP-3. Penuhi semua persyaratan yang diminta oleh Provinsi tempat kita mengajukan persyaratan karena kemungkinan perbedaan persyaratan antar provinsi bisa saja terjadi.
2.      Soal tes tertulis
Tes tertulis ini terdiri dari pertanyaan yang berkaitan dengan psikologi umun dan keorganisasian. Pertanyaan yang bersifat kepemudaan dan organisasi masyarakat serta perkembangan psikologi manusi sering muncul dalam tes tertulis. Dalam menjawab soal yang berbentuk rangkaian usahakan untuk fokus dengan cara membaca kata kunci tiap pertanyaan karena dalam pertanyaan berantai sangat umum keluarnya soal yang sama untuk melihat konsistensi kita dalam menjawab soal.
3.      Tes wawancara
Saat wawancara usahakan tampil rapi dan menarik. Komitmen dengan jawaban serta konsisten dalam menjawab pertanyaan yang diberikan adalah beberapa hal yang penting. Cara untuk tampil meyakinkan penguji cukup mudah yakni: berjalan lahdengan tegap, usahakan meggunakan sura dada saat menjawab pertanyaan karena sura dada akan terdengar lebih meyakinkan, berjabat tangan dengan tegas serta duduk dengan posisi yang tegap sekaligus rileks
4.      Pembekalan sebelum penempatan
Sebenarnya ini bisa disebut juga dengan seleksi kesemaptaan atau kecakapan tahun sebelumnya ada tiga tahapan pembekalan yang akan dilalui yakni: 1) pembekalan ditingkat provinsi tempat seleksi, 2) pembekalan diringkat nasional di markas angkatan, 3) pembekalan di provinsi penempatan atau provinsi tempat tugas. Seluruh rangkaian pembekalan ini harus dilalui dengan baik sebagai persyaratan ditandatanganinya kontrak kerja. Yang diperlukan untuk melewati semua rangkaian pembekalan ini adalah ketahanan fisik, kemampuan bersosialisasi, kecakapan dalam dinamika kelompok, mampu mememahami semua materi yang disampaikan karena itu akan sangat membantu saat berada di daerah penempatan.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas infonya Min.
Semoga bermanfaat...
Sukses.