Jumat, 10 Juli 2015

CARA MUDAH LOLOS JPI DAN BPAP



Beberapa waktu lalu saya sempat menjadi juri untuk seleksi kegiatan JPI yang merupakan sebutan atau singkatan untuk kegiatan Jambore Pemuda Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Kegiatan ini memiliki tujuan sebagai sarana pengembangan wawasan pemuda untuk peningkatan kreatifitas. Saat menjadi juri dalam seleksi ada hal yang menggaljal dalam benak saya saat menilai para peserta. Kebanyakan peserta menganggap bahwa rangkaian seleksi JPI ini sulit, padahal tidak seperti itu.
Kegiatan JPI ini memang dilakukan secara berjenjang dan berkesinambungan. Diawali dengan seleksi ditingkat kabupaten atau kota yang nantinya peserta yang lolos seleksi akan mewakili kabupaten/kota dalam Jambore Pemuda Daerah (JPD). Dalam kegiatan JPD para peserta akan kembali diseleksi untuk menjadi perwakilan provinsi dikegiatan tingkat nasional JPI.
Sedangkan Bhakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) adalah kegiatan lanjutan bagi peserta JPI. Tujuan dari BPAP sendiri adalah membuka wawasan kebudayaan para pemuda supaya mengenal dan memahami kebudayaan dari daerah lain dalam ruang lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seluruh rangkaian kegiatan ini terbuka untuk pemuda Indonesia yang berusia antara 18-30 tahun atau sesuai dengan ketentuan di provinsi masing-masing.
Untuk tahapan seleksi sendiri, ada beberapa langkah mudah untuk melewati semua tahapan seleksi tersebut antara lain:
1.      Mengenal potensi diri dan minimal kembangkan satu potensi diri yang khas,
2.      Memahami potensi daerah dan miliki kemampuan untuk memperkenalkannya,
3.      Memiliki jiwa kesemaptaan yang stabil,
4.      Mampu mengembangkan minat untuk membangun relasi dengan orang lain, dan
5.      Memiliki kemauan untuk mengenal potensi daerah diseluruh Indonesia tentunya.

            Jika kelima syarat di atas telah dimiliki maka kemungkinan besar akan mudah untuk melewati semua tahapan seleksi Jambore Pemuda Indonesia. Nah itulah tips mudah lolos JPI dan BPAP, ayo ikut berpartisipasi dan kembangkan potensi diri bersama rangkaian kegiatan JPI dan BPAP Kemenpora. 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Jpi ini agenda tahunan apa gimana ya gan ?